Home » » Tips Merawat Hardisk Laptop

Tips Merawat Hardisk Laptop

Written By Unknown on Kamis, 01 Desember 2016 | 6:23 AM

Hardisk bagian terpenting dalam sebuah perangkat komputer atau laptop. Untuk menjaga agar perangkat penyimpanan data ini tetap awet, pengguna bisa memerhatikan tips berikut.

Jangan Matikan Laptop Tanpa Proses Shutdown

Pengguna mungkin pernah mematikan laptop secara paksa dengan cara memutus aliran listrik atau menekan lama tombol power. Cara ini sebaiknya dihindari karena hardisk yang tengah berputar tiba-tiba mati berdampak buruk terhadap komponen di dalamnya.

Jaga Hardisk dari Guncangan
Jaga laptop agar tidak terkena benturan atau guncangan. Dengan demikian, menjaga pula komponen hardware di dalamnya termasuk hardisk.

Hindari Menyimpan File hingga Hardisk Penuh
Usahakan membuat partisi pada hardisk agar pengguna menyimpan file pada partisi khusus tersebut. Bila menyimpan file hingga hardisk penuh di Drive C (system), bisa menurunkan kinerja komputer karena perangkat kehabisan ruang memori.

Pakai Fitur Defragment
Salah satu cara untuk merawat hardisk pengguna ialah dengan cara mengaktifkan fitur defragment hardisk. Pakai fitur ini serutin mungkin, satu atau dua bulan sekali untuk menghindari fragmentasi sehingga mengganggu kinerja hardisk.

Hindari Menaruh Laptop di Atas Kasur
Meletakan laptop di atas kasur atau permukaan yang tidak rata bisa membuat laptop kian memiliki suhu yang panas. Karena suhu panas yang berlebihan dikhawatirkan membuat hardisk laptop cepat rusak.
 
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Seputar Kabar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger